Minggu, 05 Februari 2017

 5 Hal Yang Harus Diketahui Oleh Anak
Tahun lalu tepatnya hari Sabtu tanggal 6 Agustus 2016, saya menghadiri sebuah seminar parenting bertema #cerdaskananakbangsa karena mendapatkan info tersebut dari salah seorang teman yang juga concern didunia anak-anak. Disela acara saya pun berkenalan dengan teman sebaris tempat duduk sebagai sesama peserta dan kamipun bercakap cakap asyik.
Apa sih yang dibicarakan ibu-ibu kalau bukan soal anak. Ya, Ya pastilah tentang kelucuan mereka, kejailan mereka dan lain-lainnya. Materi pun berlangsung serius dan saya menyimaknya satu persatu, slide demi slide saya pahami karena di satu materi tersebut ada yang sangat mengena dihati saya yakni tentang perkembangan otak anak usia 0 bulan hingga usia dewasa. Sayapun memberanikan diri untuk bertanya di sesi tanya jawab dengan nara sumbernya.
yang menarik dalam hal ini tak hanya disesi tanya jawab dengan nara sumber namun pembicaraan saya dengan teman sebelah tempat duduk saya kala itu. Dia bercerita pada suatu tugas kerja selama 2 minggu, kenalan saya ini seorang PNS dikota kecil di Jawa Timur dia bercerita bahwa dia memasukkan anaknya ke Tempat Penitipan Anak, dan untuk pertama kalinya, apa yang dibicarakan para ibu ketika bertemu di sekolah atau TPA (tempat penitipan anak)? kebanyakan tentang kemampuan anaknya, terutama membaca-menulis (mengingat pertanyaan pertama yang diajukan adalah: anak bunda sudah bisa menulis-membaca? uuuppps!) dan bla bla bla anak saya perempuan, berumur 4 tahun, belum bisa membaca dan menulis (karena memang belum saya ajarkan, ).
Sayapun demikian putri saya baru berumur 28 bulan atau 2,5th belum bisa menulis, membaca ..hihihi upsss salah lagi . "Dia memiliki rasa ingin tahu terhadap huruf, angka dan kata-kata, gambar dari tanda-tanda yang ia lihat, buku-buku yang saya bacakan padanya sebagai nutrisi otaknya. Itu yang akhirnya membuat saya makin senang jualan buku anak dan membantu para orangtua menemani anaknya membaca, dan saya rasa itu cukup.., walaupun saya terkadang jadi ikut-ikutan galau dan terbesit untuk ingin 'memaksa' ia belajar membaca dan menulis bukan membaca menulis. Pada dasarnya bukan masalah mengajari dia membaca dan menulis saja namun bagaimana menumbuhkan minatnya pada buku yang akan dia baca sekarang ataupun kelak.
Nah menurut saya, beberapa hal mendasar yang harus diketahui olah anak usia dini apalagi diusia anak teman saya dan anak saya sendiri bahwa pertama, seorang anak harusnya mengetahui bahwa dia dicintai tanpa syarat apapun, mutlak tanpa syarat ya bunda bahwa dia begitu spesial karena setiap anak dilahirkan unik dan istimewa -hingga ayah dan bunda akan memeluknya kapanpun, dimanapun, dengan alasan apapun atau bahkan tanpa alasan... bahwa dia adalah prioritas utama bagi ayah-bunda...(high priority).
Kedua, seorang anak harusnya mengetahui bagaimana harus mengkomunikasikan keinginan dan pendapatnya pada orang lain, dan bahwa dia didengar...(benar-benar didengar) oleh orang tuanya. Namun terkadang Gadget kita adalah prioritas utama ..xixixixi ngelless yaachh, ayoo ngaku siapa itu..?
Ketiga, seorang anak seharusnya mengetahui rasa aman dan bagaimana cara membuat dirinya merasa aman di tempat dan situasi yang berbeda atau bahkan ketika dia (anak kita) sedang bertemu dengan orang lain bisa saudara atau kerabat kita. Dimanapun dia berada maka dia harus sangat merasakan nyaman dan aman.
Keempat, seorang anak harusnya mengetahui bahwa tidak apa-apa untuk menjadi dirinya sendiri dalam menjelajahi dunianya, mencoba hal baru, berbuat kesalahan, bersikap lucu, dan dia bukan mewakili siapapun termasuk ibunya dan ini salah satu hal yang tersulit.
Kelima, seorang anak harusnya mengetahui bagaimana menjadi bahagia, bahwa hidup ini menyenangkan dan indah, dan dia bisa menemukan kesukaannya dan menikmati berbagai macam kegiatan dengan ayah bundaya... dan percayalah ayah bunda dengan mengetahui kelima hal tersebut, akan menguatkannya kelak menjadi seorang pembelajar seumur hidupnya.

Love you all  

Hanur Siradjie


Tidak ada komentar:

Posting Komentar